Sebelum membaca isi blog ini, silahkan buka peraturan nya terlebih dahulu disini. Semoga isi blog ini bermanfaat untuk semua orang.

Kamis, 06 Februari 2014

Memilih Pemborong yang Baik

Tips dan Trik Membangun Rumah 

Memilih Pemborong Yang Baik


Ada bebarapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat menemukan pemborong yang baik. Antara lain adalah sebagai berikut
  1. Pilihlah pemborong lokal kecuali memiliki budget lebih. 
    Pemborong lokal memiliki kelebihan mengenal medan dan memiliki kenalan sumber sumber untuk membangun, sedangkan pemborong dari luar kota sama sekali tidak memiliki sumber daya dikota baru. Untuk pemborong dari luar kota, biaya yang dikeluarkan menjadi berlipat lipat dikarenakan mereka harus bolak balik ke kota asal mereka untuk menengok anak dan istri, dan ditambah biaya untuk penginapan mereka.
  2. Pilihlah pemborong yang memiliki rekam  jejak yang baik. 
    Rekam jejak ini bisa ditanyakan ke teman teman atau tetangga yang dahulu membangun, atau ke perkumpulan perkumpulan untuk bertanya siapa pemborong yang baik. Pemborong yang baik biasanya akan direkomendasikan oleh anggota perkumpulan, sedangkan jika kita mengusulkan nama dan dia memiliki reputasi jelek, kumpulan juga akan mengatakan jangan menggunakan orang tersebut karena jelek, dsb, dsb. Semakin banyak bersahabat, semakin banyak masukan bermanfaat dan berguna.
  3. Pilihlah pemborong yang masih saudara sendiri, saudaranya saudara, atau kenalan baik.
    Ini bertujuan agar lebih mudah berkomunikasi.
  4. Buatlah perjanjian tertulis yang jelas Mengenai biaya, sistim kerja, spesifikasi barang yang dipasang, rancangan anggaran biaya, gambar yang dikerjakan, dan permisalan hal yang terburuk yang terjadi. Jika perlu buatlah dengan saksi atau dengan notaris agar jelas.
  5. Pastikan untuk tidak pernah membuat perjanjian dimana sang pemborong memegang keseluruhan uang. Perjanjian dapat dibuat dengan sistim 50%-50% dimana diawal adalah setengah dan setelah selesai baru setengahnya lagi, atau 30%-30%-30% dimana diawal 1/3 ditengah 1/3 dan diakhir adalah 1/3 nya lagi, Ini bertujuan agar sang pemborong tidak lari.
  6. Jika anda tidak mengetahui apapun tentang bangunan, sewalah pengawas yang baik.
    Pengawas ini dapat didapat dari referensi seperti cara diatas. Lebih baik mengeluarkan uang ekstra untuk pengawas tetapi anda sedikit bisa bernafas lega daripada hanya berdoa memohon kebaikan hati pemborong saja. 
  7. Mintalah sang pemborong menyebutkan rumah mana saja yang telah dia kerjakan.
    Pemborong yang baik akan dengan mudah menyebutkan pekerjaannya, sedangkan yang buruk akan kebingungan karena harus mengingat ingat yang baik dan tidak baik pekerjaannya. Pemborong yang buruk biasanya menyebutkan sedikit saja hasil pekerjaannya. Dari apa yang dia katakan, pastikan apakah benar dengan jalan mendatangi satu persatu pemilik rumah yang dahulu dikerjakan pemborong tersebut untuk mengetahui kesan nya.
  8. Sekian dari kami, semoga bermanfaat.

Untuk Pemborong rumah pribadi di Salatiga, ada beberapa;
1. Pak Mus
2. Pak Markus

Sedangkan untuk pemborong perumahan di salatiga 
1. Pak Medi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar