Sebelum membaca isi blog ini, silahkan buka peraturan nya terlebih dahulu disini. Semoga isi blog ini bermanfaat untuk semua orang.

Senin, 24 Juni 2013

Tips Membeli Barang Di Toko

Tips Membeli Barang di Toko


Tips dan Trik Membangun Rumah



Tips ini tidak gratis, melainkan ada harganya, silahkan buka penawaran harga disini.

Untuk belanja barang bangunan, tentunya bagi orang awam, bingung, hendak memilih barang apa dan toko mana. Hal ini dikarenakan karena barang bahan bangunan banyak sekali jenisnya, ada yang mahal, murah dan murahan, serta toko toko bangunan sekarang menjamur.

Agar dapat menghemat uang saat pembelian, silahkan praktekan tips dan trik berikut ini.

0. Buatlah Rencana Anggaran Bangunan (RAB), anda dapat meminta ke tukang atau ke insinyur anda tentang RAB ini.
a. Pergilah ke toko bangunan dekat rumah anda dan bertanyalah harga barang barang di RAB
b. Pergilah ke kota besar yang berada dekat rumah anda dan carilah daerah yang khusus menjual bangunan (semisal untuk Semarang, daerah Pekojan).
c. Tanyakan ke tukang parkir di daerah tersebut, kalau membeli barang ini di toko apa. Contoh, jika membeli alat listrik di toko apa? Pralon di toko apa?
d. Catat harga harga yang diberikan toko toko bangunan di kota besar yang dekat dengan daerah anda tersebut. Ini akan memakan waktu anda sehari.
e. Setelah anda pulang ke rumah, pergilah ke toko bangunan terbesar di daerah anda, dan tanyakan kepada mereka, apakah mereka sanggup untuk memberi harga dasar jika membeli semua barang yang ada di RAB di borongkan kepada mereka?
f. Jika dapat, bandingkan harga yang mereka beri dengan harga anda survei di kota besar yang terdekat dengan daerah anda.
g. Jika harga tersebut berbeda, tawarlah toko tersebut dengan harga yang terdapat di kota besar.
h. Pastikan untuk meminta mereka mengirim ke tempat anda.

Jika tidak sempat membuat RAB

1. Tanyakan ke tukang hendak membeli barang apa saja dan merek apa.
2. Ke toko bangunan acak saja, tanyakan berapa harga bahan bangunan tersebut secara grosir, dan sebutkan satuannya. Misal knee 3/4 rucika 1 lusin, atau 1/2 lusin. (tentunya untuk banyaknya barang jangan melebihi kebutuhan). Jangan membeli bijian, bulatkan saja.
3. Bandingkan dengan harga di toko bangunan lainnya, jika tidak terburu waktu, jangan pernah sekalipun untuk langsung membeli, selalu bandingkan terlebih dahulu.
4. Jika ada waktu, pergilah ke kompleks perbelanjaan yang terdapat banyak toko bangunan yang terletak di kota besar paling dekat dengan daerah anda dan tanyakan jika hendak membeli grosir berapa harganya. Bandingkan 2 atau 3 toko bangunan untuk mendapatkan harga dasar.
5. Harga bahan bangunan didaerah dengan dipusat kota lebih murah di pusat kota.
6. Belilah bersama dengan bahan bangunan yang lain dalam jumlah banyak sekaligus, sesuai dengan kebutuhan bangunan anda.
7. Setelah anda meminta barang pesanan anda, janganlah mau jika pelayan toko bangunan yang menulis harganya, mintalah bos laki laki di toko tersebut yang menuliskan harganya.
8. Berdasarkan semua toko bangunan yang dikenal penulis, terdapat kesamaan, bos laki laki lebih royal memberi diskon, sedangkan bos perempuan lebih sedikit memberi diskon.
9. Saat sang pelayan toko menyerahkan bon anda ke bosnya, katakanlah kalimat ini "om, saya borong, beli dalam jumlah banyak, tolong dikasih harga dasar."
10. Setelah diisikan oleh sang "om", dan ditotal harganya, selalulah minta tambahan potongan harga. Jadi semisal anda membeli dan dinota tertera 510 rb, berkatalah begini "om minta potongan 10 rb ya?" sambil tangan anda segera menyodorkan uang 500 rb. Percayalah tips ini sering berhasil.
11. Untuk barang yang besar besar, belilah dalam jumlah banyak dan mintalah diantarkan ke tempat anda, jika jauh, biasanya ada tambahan biaya 15-20 rb.
11. A. Untuk daerah Semarang dan sekitarnya, silahkan bandingkan harga bahan bangunan di kota anda dengan toko toko yang menjadi langganan saya disini.
12. Demikian semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar