Sebelum membaca isi blog ini, silahkan buka peraturan nya terlebih dahulu disini. Semoga isi blog ini bermanfaat untuk semua orang.

Sabtu, 29 Juni 2013

Tips Memilih Batu Bata

Tips dan Trik Membangun Rumah


Tips Memilih Batu Bata


Ketahanan suatu bangunan disebabkan oleh bebarapa faktor salah satunya dalah batu bata merah, seringkali kita mengabaikan hal tersebut karena kita percaya sepenuhnya kepada kontraktor atau bahkan tanpa kita ketahui bangunan tersebut sudah berdiri rapi dan indah dengan kondisi bahan bangunan yang tidak kita ketahui kualitanya.
nah kali ini saya ingin share mengenai batu bata merah :

Macam macam batu bata merah :
- batu bata merah press (cetakan mesin)
- batu bata manual (cetakan tanpa mesin)

Kualitas dan Jenis Batubata


Batu Bata Merah Press

Dari pengalaman yang ada batu bata press dari segi keunggulannya sangat bagus dan rapi, karena proses pembuatan langsung dijalankan mesin dan potongan sisi-sisi maupun sudut-sudut batu bata tersebut sangat halus dan rapi bisa dikatakan hampir 90% kerapianya dan sangat menarik pembeli.
sedangan dari sisi kelemahanya batu bata tersebut dari pengalaman yang ada juga, kurang begitu keras dan mudah rapuh mungkin dikarenakan pembuat tergantung kepada mesin prosesnya sangat cepat apalagi jika pengolahan dan kualitas tanah liatnya kurang memadai mungkin terlihat bagusnya saja tp kualitasnya kurang hal ini bukan berada pada produk batu bata saja namun Pafing (setapak) juga sama seperti keterangan diatas.

Batu Bata Merah Manual 

Keunggulan batu bata merah manual cetakan manusia berdasarkan fakta yang ada selama ini serta pengalaman saya pribadi sangat bagus dan berkualitas karena pembuat batu bata sangat memperhatikan kualitas pada saat proses pencetakan baik pada saat pembuatan bahan maupun pencetakan bata itu sendiri karena sebagian pencetak mengutamakan kepadatan tanah pada proses cetak dalam arti penekanan di seluruh sisi dan sudut sudut menggunaka jari jari tangan dan prosesnya langsung dilakukan di tanah dibawah terik matahari disamping itu proses pengeringan batu bata tersebut dilakukan selama 5 s.d 7 hari (cuaca panas normal) baru dilanjutkan proses pembakaran sehingga kualitas bata semakin meningkat.
Kelemahan batu bata merah manual terlihat kurang rapi meski dari banyak produsen ada yang hasil cetakannya kelihatan rapi tapi sangat minim kerapian itu tercapai hal ini dikarenakan proses pencetakannya dilakukan langsung dengan tangan tanpa alat potong dan alat bantu lainya yang ada hanya cetakan kotak yang berasal dari kayu dan dilapisi kaca. jadi sangat berbeda dengan batu bata yang dihasilkan oleh pesin press.

Memilih Batu Bata Berkualitas

Batu bata yang baik dan bagus adalah bata press atau batu bata buatan pabrik. Bukan berarti batu bata yang konvensional tidak berkualitas. Secara visual pengujian batu bata yang baik dan mempunyai kekuatan yang baik akan  memberikan suara dering jika diketok.  Sebuah suara kusam menunjukkan batu bata yang lembut atau goyah. Sebuah batu bata yang baik tidak harus menyerap lebih dari sepersepuluh  jumlah air. Sebuah tes yang sederhana dapat dilakukan dengan cara. Kita hanya perlu ketelitian dalam pengecekan kualitas batu bata tersebut. Untuk pengecekan kualitas batu bata dapat dilakukan dengan cara:

  • Bila kita perhatikan banyak batu bata yang patah atau pecah pada saat di toko material maka batu bata tersebut tidak baik..
  • Dapat di cek juga dengan cara menggesekan potongan besi pada bata, bila muncul suara garing maka batu bata tersebut berkualitas baik.
  • Cara lain dengan membelah dua batu bata tersebut. Bila bagian dalam belahan batu bata berwarna merah merata maka batu bata tersebut baik karena sudah matang saat pembakaran.
  • Perhatikan Tumpukan batu bata pada saat baru diturunkan dari mobil pengangkut. Bila bila banyak batu bata yang patah atau pecah maka batu bata tersebut tidak baik.
  • Mengambil sebuah batu bata dan menimbang ukurannnya, kemudian batu bata  direndam air selama 24 jam, kemudian berat air ditimbang.  Selisih i hasi timbangan setelah direndam dan sebelum direndam maka dapat dihitung jumlah daya serap air.

Dari tips dapat dikatakan bahwa bata yang berkualitas adalah sebagai berikut :

  • Batu bata  harus bebas dari retak atau cacat, dan dari batu dan benjolan apapun
  • Batu bata harus seragam dalam ukuran, dengan sudut tajam dan tepi yang rata.
  • Permukaan harus benar dalam bentuk persegi satu sama lainuntuk  menjamin kerapian pekerjaan.
  • Mempunyai ukuran, kuat tekan dan daya serap air yang dipersyaratkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar