Sebelum membaca isi blog ini, silahkan buka peraturan nya terlebih dahulu disini. Semoga isi blog ini bermanfaat untuk semua orang.

Jumat, 16 Agustus 2013

Mengecat Tembok Dalam


Tips dan Trik Membangun Rumah


Cat tembok yang standard dibagi dua secara penempatan yaitu:
1. Exterior
2. Interior

Sedangkan cat ada beberapa tipe berdasarkan bahan dasarnya, diurutkan dari yang paling berkualitas:
1. Acrylic 100%
Cat jenis ini biasanya dibuat untuk cat kelas weather resistant dan juga cat interior premium. yang termasuk cat acrylic adalah:
a. Exterior : ICI Dulux Weathershield, Mowilex Weathercoat, Jotun Jotashield, Danashield (Danapaint), Decor Weathershield (dari Propan Raya), Splesh (Kansai Paint), Nippon Weatherbond dll.
b. Interior : Decor Premium (dari Propan)

dimana keunggulan cat acrylic 100 % adalah lebih tahan serangan alkali dan juga lebih mudah dibersihkan.

2. Acrylic Emulsion
Cat ini adalah modifikasi dari acrylic 100%, biasanya memakai Veova atau Vynil Versatic (cmiiw). Bahan ini juga biasa dipakai cat interior kelas menengah keatas, tetapi masih di bawah premium. yang termasuk cat ini adalah:
ICI Dulux Weathershield, Mowilex VIP, Danacryl, Jotun Strax, Vinypaint (Kansai)

3. Vinyl Acrylic
Cat ini masih dari modifikasi acrylic tetapi lebih rendah dibandingkan diatas. dimana cat ini biasanya dibuat untuk kelas menengah. yang termasuk dari kelas ini adalah:
Vinylex (Nippon), ICI Catylac, Eco Emulsion (Propan), Danabrite, Jotaplast, Cendana (Mowilex), Property (Kansai)


Apabila saudara akan melakukan cat di dinding baru ada beberapa tips :
- Dinding baru : pakailah alkali sealer yang sesuai dengan kondisi temboknya, kalau exterior sebaiknya memakai solvent base, interior cukup yang water base saja.

Jika ingin menggunakan standar penjual cat, maka anda akan diminta untuk menggunakan cat dasar pengganti plamir, tetapi jika anda ingin menghemat uang, maka ada alternatif dari tukang anda, yaitu menggunakan plamir. 

Untuk Plamir, ada alternatif yang lebih baik daripada lem fox dan kalsium yaitu
1. Belilah semen putih biasa (portland) atau warna 10 kg (contoh am86/87, mu 260/270 dsb), tidak dianjurkan menggunakan semen untuk keramik (contoh lemkra) karena akan langsung menggumpal.)
2. Bonding agent 1kg (rekomendded yang dari sika atau am,atau cementaid, contoh am76)
3. Tambahkan 1kg cat tembok yang murah saja.
4. Aduklah sampai rata bonding,cat,dan 10 % air
5. Masukan semen aduklah rata sampai jadi pasta.
6. Silahkan digunakan langsung untuk plamir 

Tahapnya
1. semen biasa atau instan tidak masalah, yang penting prosedur pengaciannya benar. Kebanyakan tukang ingin langsung diaci, hasilnya semen plesteran gagal mengering dan akhirnya retak tembok. saran, setidaknya setelah plester diberi waktu 5~7 hari sebelum mulai pengacian, supaya pelesteran bisa kering lebih rapih. kalau tidak buru buru idealnya 2 minggu.

2. Pengecatan dilakukan minimal 3 minggu setelah pengacian (kalau terpaksa 2 minggu). Normalnya 1 bulan. Prosedur, tergantung kualitas cat. kalau cat bagus biasanya ada pasangan produk cat dasar, jadi kalau hasil akhir tembok cukup mulus (tanpa retak halus) bisa langsung pakai cat dasar tanpa plamir. kalau beruntung bisa skip proses plamir, yangg penting plester dan pengacian jangan buru buru

Jika acian belum kering langsung buru buru diplamir, dan kemudian langsung dicat maka hasil yang didapatkan adalah cat yang menempel di tembok akan mengelupas berkelompok kecil kecil di beberapa bagian tembok. Jika ingin cepat dan tidak mau menunggu bisa menggunakan SIKA accelerator  di campur dengan mortar acian.

Jika ingin tenbok waterproof, sebelum di cat, acian dapat dilapiskan SIKAGUARD atau SIKA Bithueten merata sebanyak 2 lapis.

Conoh cat interior premium. dulux pearl glo,propan decorlotus,mowilex high gloss enamel,vinilex super, jotun majestic atau fenomastic, kemtone satin atau infinity,dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar