Sebelum membaca isi blog ini, silahkan buka peraturan nya terlebih dahulu disini. Semoga isi blog ini bermanfaat untuk semua orang.

Jumat, 16 Agustus 2013

Mengecat Tembok Luar

Tips dan Trik Membangun Rumah



Mengecat tembok luar cara yang disarankan oleh penjual cat adalah membeli cat dasar (prime coat) baru kemudian melapis dengan cat utama. Cara ini baik dan mengeluarkan uang yang lumayan banyak, namun jika hendak menghemat uang dengan hasil yang sama ada cara lain juga, cara lain tersebut adalah:

  • Sealer dahulu, menggunakan campuran Zamitex 1kg + air 3 liter, kuaskan 2 kali.
  • Setelah kering, lanjut ke proses mengecat
  • >> Untuk bidang sempit; Cat biasa 5kg (/Cendana/spectrum/super vinilex 5000) + Zamitex 1 kg + air 5 - 10%.
    Campur sampai rata, manual atau dengan alat tanting jika banyak
  • >> Untuk bidang luas;  cat Royal/spectrum 1 pail + zamitex 3kg + clear gloss 1 kaleng  + warna khusus. atau  1 pail 25 kg cat Spectrum/kemptone + 3.5 kg aditif cementaid weldnat + 3.5 kg aqua clear gloss/ topcoat clear. 
  • Clear gloss ditambahkan dengan tujuan membuat cat menjadi tampak gloss, sedangkan zamitex agar menjadi waterresistance. Zamitex memberikan lapisan transparan mirip latex. Jika ingin lebih baik lagi dapat dikuaskan akrilik clear coating
  • mix yang homogen sedikit sedikit terlebih dahulu tiap 5 kg cat
  • Aplikasikan ke tembok seperti biasa.
  • Tunggu catnya kering, baru ditimpa coating.
  • Pakai campuran yang sama dengan sealer, aplikasikan lagi ke tembok yang sudah dicat.
  • Untuk warna muda, bisa ditimpa warna yang memiliki 2 grade lebih tua sebagai lapisan pertama, dan selanjutnya baru ditimpa warna yang diinginkan. Pilihlah warna yang 1 grade lebih tua untuk eksterior karena terang matahari aka membuat warna tampak lebih muda.
Info: cat spectrum 5kg, dicampur zamitex 0.7 kg diaduk rata ditambah air 1 gelas memiliki kekuatan setara dengan dulux atau mowillex.
>> Untuk daerah Bandung, Zamitex bisa didapatkan di Toko Cat di Buah Batu daerah dari Horizon sampai Lengkong, sedangkan suplier utamanya didaerah Panyileukan.

Untuk membuat cat dengan kualitas decor lotus dan warna sebagus dulux pealglo  dapat dilakukan dengan cat eco emulsion dicampur zamitex, dengan perbandingan 10 cat : 1 zamitex. setelah 2-3 lapis cat (dengan interval 2-3jam), maka biarkan kering selama 24 jam. Setelah itu kuaskan Impra Aqua Wood Finish (dari propan) yang Clear Doff sebanyak 2 kali.
Untuk hal ini syaratnya tidak boleh ada compound,pori pori juga udah tertutup plamir berbasis semen. Dan juga cat jangan dikuas,harus dirol biar tidakpecah,kalau aqua wood finish nya  dikuas. Jika sudah 2 lapis dan kering akan sangat beda, permukaan jadi licin,anti kotor dan air,warna juga kemilau seperti mutiara (clear doff red).
1 lt kira kira cukup untuk 20 m2 (dua lapis)

Jika tembok Luar yang hendak dicat pasti terpapar panas dan hujan, maka cat yang digunakan adalah cat genting ( contoh matex atau am) ditambahkan dengan additif cat Zamitex atau Cementaid Weldnat dan dapat menggunakan plesteran waterproofing dahulu agar hasil yang didapat lebih baik. Caranya adalah:


  • Buat adukan semen, pasir dan air sesuai komposisi yang sudah ditentukan.
  • Tuangkan DAMDEX sesuai takaran yang sudah ditentukan ke dalam campuran sement, pasir, dan air, aduk kembali secara merata. 1 bagian semen + 3 bagian pasir + air secukupnya + 3% DAMDEX dari berat semen (1 zak semen 40 kg, setara 1 buah damdex 1 liter)
  • Segera lakukan pekerjaan plesteran ke permukaan dengan baik, padat dan merata.
  • Ratakan permukaan plesteran dan gosok permukaannya.
  • Langkah kerja tersebut seperti pada pekerjaan plesteran dann pasangan batu bata/batako/bata ringan pada umumnya.

3 komentar:

  1. assalamu'alaikum
    artikel yg bgus gan,brmanfaat..
    btw mau tany yg jual zamitex di bandung, tepatny dmana ya?

    BalasHapus
  2. Untuk tepatnya tidak ingat gan, maaf, hanya sekedar lalu sewaktu lewat. Jika tidak ada zamitex, bisa menggunakan TG 301 Lemkra, Weldnat dari Cementaid , atau Boncrete dari BondAll.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus