Sebelum membaca isi blog ini, silahkan buka peraturan nya terlebih dahulu disini. Semoga isi blog ini bermanfaat untuk semua orang.

Selasa, 27 Agustus 2013

Pekerjaan Kayu

Tips dan Trik Membangun Rumah

Pekerjaan Kayu


Plamir dan dempul yang bagus untuk kusen disarankan menggunakan Impra dari Propan. Setelah itu dapat dilanjutkan dengan pelapisan clear gloss atau natural gloss.

Untuk ketahanan cuaca yang lebih baik, gunakan Ultran Penetran UPT-851

pelapisan kayu bisa dibagi tiga tahap.
1. base coat. lapisan dasar yang berguna buat memperhalus permukaan,memperbaiki cacat,menutupi pori. produk dasar disini ada wood filler,dan wood putty.
2. main coat. gunanya menutup substrat,melindungi substrat dari gangguan cuaca,mekanikal (gores,bentur,dll) terus punya daya rekat yang bagus ke substrat dan juga workable buat pengerjaan berikut (lapisan atas,ataupun staining). produk dasarnya itu sanding sealer,dan primer coat.
3. top coat. gunanya berupa lapisan estetis,melindungi warna ,tahan gores,water repealant,tahan jamur,dll. yang berbunyi bunyi matt,satin,doff,gloss itu di tahap ini.

produk dari pabrikan bisa dikhususkan pertahap dan lebih banyak lagi mengcover 1 atau 2 tahap sekaligus.
contoh : vernish itu adalah staining plus top coat, berbagai jenis lack bisa mengkover main coat dan top coat.

Jenis Cat Kayu

NC kepanjangan dari nitrocelulose, pelapis menggunakan getah alami,mudah pengerjaan ulang misalnya mau gonta ganti warna,tapi memang tidak sekuat yang lain pelapisan nya.

PU, polyurethan kepanjangan dari pelapis seperti melamin tapi lapisan nya tipis kuat,dan ga berbau menyengat seperti melamin,finihsing sangat bagus. Harganya mahal gan.

LACK, bahan utamanya resin alkid. lapisan yang bisa diaplikasikan tebal sehingga bisa dipakai untuk leveling permukaan kalau ada yang cacat,cepat kering.

Lacquer, khusus top coat yang tidak memberikan staining (pewarnaan). biasanya digunakan emulsi atau resin acyrlic


Tidak ada komentar:

Posting Komentar